Tujuan utama siklus pengeluaran adalah untuk meminimalkan biaya total
untuk pembelian dan pemeliharaan persediaan, pasokan, dan berbagai jasa
yang diperlukan untuk menjalankan organisasi
Pembelian
Fungsi yang terkait dengan proses pembelian :
Gudang/Bagian Lain
Pembelian
Penerimaan
Hutang Dagang
Kasir/Pembayaran
Gudang
Pembelian terjadi karena adanya permintaan barang/bahan dari suatu
bagian atau gudang karena persediaan yang ada habis. Bagian manapun
dalam suatu organisasi dapat melakukan permintaan pembelian dengan
mengeluarkan Surat Permintaan Pembelian (Purchase Requisition/PR). Jika
pesanan sudah datang dan sudah diperiksa oleh bag. Penerimaan, bag,
Gudang akan menerima laporan penerimaan untuk disetujui, jika sudah
disetujui maka laporan penerimaan barang tersebut akan diberikan ke bag.
Pembelian.
Pembelian
Bagian pembelian yang menerima PR kemudian menerbitkan Purchase Order
(PO) untuk dikirim ke pemasok terpilih. Selain dikirim ke pemasok,
tembusannya dikirim ke bag. Penerimaan dan bag. Hutang
Dagang.
Bagian Penerimaan
Bag. Penerimaan bertanggung jawab memeriksa kondisi barang yang
diterima dan menyesuaikan antara Bill of Ladding yang terdapat pada
barang yang dikirim dengan barang yang dipesan pada PO. Setelah
diperiksa dan dibandingkan maka bag. Penerimaan harus membuat Laporan
Penerimaan dan diberikan kepada bag. Gudang untuk meminta
persetujuannya.
Bagian Hutang Dagang
Bagian Hutang Dagang menerima nota penerimaan, PO, PR, dan Faktur
untuk dibandingkan dan kemudian membuat voucher pengeluaran kas yang
akan diberikan kepada bagian Kasir. Selain kegiatan diatas dia juga
melakukan kegiatan pencatatan kedalam jurnal dan buku besar.
Bagian Kasir
Setelah menerima voucher yang dilampiri oleh 4 dokumen dari bag.
Hutang Dagang, Bag. Kasir mengeluarkan cek untuk pembayaran hutang.
Aplikasi Pembelian Dalam Lingkungan PDE
Pengumpulan Data
Sama seperti siklus penjualan, semua data yang akan masuk ke dalam
sistem harus di ubah menjadi machine readable form. Ada beberapa cara
dalam mengumpulkan data, antara lain : semua dokumen PR dikumpulkan dan
diberikan kepada seorang pegawai PDE untuk dientry atau tiap bagian
mempunyai komputer on-line yang digunakan untuk mengisi PR secara
on-line, atau yang lebih canggih, komputer dapat secara langsung membuat
PR jika mendeteksi adanya kekurangan persediaan di Gudang.
sumber :
https://eviasiyah.wordpress.com/2014/01/31/4-2-jelaskan-siklus-pengeluaran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar