body { background: # url(http://www.wallpaper.cz/primo/ir2/grafitty--400x300.jpg) fixed repeat-y center top; ……. } - See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/06/cara-mengganti-background-blog.html#sthash.MhRe7ZgK.dpuf

Senin, 07 Maret 2016

ILMU BUDAYA DASAR

Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Istilah IBD ( Ilmu Budaya Dasar ) sepadan dengan bahasa asing yaitu Basic humanities, kata jamak dari Basic humanities yaitu Humanity. Humanity berarti umat manusia atau manusia seluruhnya atau peri kemanusiaan. Jadi secara etimologi IBD adalah ilmu yang berusaha membuat manusia muda (Mahasiswa, Calon sarjana, Calon pemimpin Bangsa), menjadi orang yang berperikemanusiaan atau menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan universal.  
Dalam Bahasa Inggris dikenal lagi dengan the Humanities dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai Pengetahuan Budaya, yakni kepandaian dan keterampilan dalam bidang ( Seni, Sastra, Musik, Tari, Drama ), dan Filsafat ( Logika dan Bahasa ).
Secara umum dapat dikatakan The humanities dan Basic Humanities mempunyai tujuan yang sama membuat manusia lebih manusiawi, namun basic humanities ( IBD ) tidak identik dengan the humanity
Karena tidak identik ( sama ) maka the humanity dan basic humanities memilliki perbedaan dalam cara mencapai tujuan.
The humanity berusaha memanusiakan manusia muda dengan menjadikan mereka pandai secara trampil dalam bidang seni dan budaya. Sedangkan basic humanities berusaha menanamkan konsep-konsep dasar dan pengetahuan umum serta pengertiannya yang memungkinkan manusia muda dapat memahami hakekat permasalahan-permasalahan kemanusian dan

Tujuan Ilmu Budaya Dasar:
·         Mengusahakan penajaman kepekaan masyarakat terhadap lingkungan budaya, sehingga manusia lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi.
·         Memberikan kesempatan pada masyarakat untuk memperluas pandangan tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembanngkan daya kritis terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
·         Mengusahakan agar manusia/masyarakat, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
·         Mengusahakan wahana komunikasi masyarakat agar lebih mampu berdialog satu sama lain.

Unsur-unsur dalam kebudayaan.
Setiap kebudayaan mempunyai 7 unsur dasar
1.       Kepercayaan
2.       Nilai
3.       Norma dan sanksi
4.       Simbol
5.       Teknologi
6.       Bahasa
7.       Kesenian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar